Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rieke "Oneng" Giring Buruh Jatim Dukung Jokowi

Kompas.com - 30/04/2014, 14:53 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Politisi PDI-P, Rieke Dyah memimpin deklarasi sejumlah elemen buruh di Jawa Timur untuk mendukung calon presiden yang diusung PDI-P, Joko Widodo (Jokowi).

Artis pemeran "Oneng" dalam sinetron komedi Bajaj Bajuri ini menilai, Jokowi memiliki visi dan misi dalam menyejahterakan kaum buruh.

Dukungan ini, kata Rieke, adalah rangkaian perjuangan buruh yang harus dilalui. Sebab dengan memanfaatkan hak politik buruh dalam memilih calon presiden, diharapkan akan ada perubahan yang mendasar dalam kehidupan perburuhan di Indonesia.

"Ini juga upaya kaum buruh dalam memperbaiki hubungan antara pekerja dan industri, dengan harapan agar perkembangan industri di Indonesia lebih baik," kata Anggota DPR RI Komisi IX ini di Surabaya, Rabu (30/4/2014).

Rieke memastikan, para buruh tidak memberikan dukungan kepada figur Jokowi, melainkan memberikan dukungan kepada visi dan misi yang diusung Gubernur DKI Jakarta itu dalam hal menyejahterakan buruh.

Visi dan misi tersebut terangkum dalam tiga hal, yakni upah layak, hidup layak, dan kerja layak.

"Kami juga sudah menjalin kesepakatan dengan Jokowi, dalam periodenya memimpin jika terpilih nanti, akan merampungkan sejumlah undang-undang seperti, UU Tenaga Kesehatan, Keperawatan, Kebidanan, Pembantu Rumah Tangga, hingga Perlindungan Pekerja Media," tambahnya.

Mantan Cagub Jabar ini mengklaim, dukungan kepada Jokowi itu didukung sejumlah elemen buruh seperti, SPSI, KSPI, kalangan pekerja BUMN, FSPMI, dan KASBI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com