Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua KPUD Lampung Mengundurkan Diri

Kompas.com - 29/04/2014, 20:29 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Komisioner KPUD Lampung Tengah Hendra Fadila mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua pasca-pengungkapan temuan kasus suap penyelenggara pemilih dari sejumlah caleg yang melibatkan dirinya.

"Kemaren KPU Lampung Tengah sudah menggelar pleno dan Hendra mengajukan pengunduran diri sebagai ketua, serta dalam berita acara Ketua KPUD Lampung Tengah dipilih ibu Mutmainah," kata Ketua KPUD Lampung Nanang Trenggono pada Selasa sore (29/4/2014).

Menurut Nanang, Hendra tidak lari dari persoalan tersebut seperti yang diberitakan oleh sejumlah media. "Hendra tadi nelpon saya. Tadi pagi katanya ia bersilaturahmi ke Sat Reskrimum Polresta Lampung Tengah untuk menjelaskan temuan tersebut. Hendra bertanggung jawab dengan memenuhi panggilan kepolisian dan menyampaikan atas perbuatannya itu," ujar dia.

Terkait surat pengunduran diri Hendra, Nanang sendiri mengaku belum menerima hasil pleno KPUD Lampung Tengah. Sementara soal kode etik penyelenggara pemilihan, pihaknya tidak dapat memberi sanksi sebelum ada hasil penetapan bersalah pada yang bersangkutan.

Menurutnya, pada prinsipnya KPUD Lampung menerima hasil pleno tersebut demi kepentingan pelaksanaan demokrasi pelaksanaan Pilpres mendatang.

Sebelumnya, Jaringan Pemberantas Korupsi (JPK) Lampung mengungkap temuan gratifikasi penyelenggara pemilu dari sejumlah caleg untuk mendongkrak perolehan suara. Temuan tersebut terungkap dari sopir pribadi Hendra Fadilla yang rekening pribadinya dijadikan transaksi praktek suap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com