Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesurupan Massal Warnai Pembukaan MTQ di Sulbar

Kompas.com - 27/04/2014, 19:28 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi di Sulawesi Barat yang berlangsung di Lapangan Pancasila Polewali mandar, Sabtu (26/4/2014) malam berlangsung meriah.

Beragam atraksi kesenian dan budaya lokal Mandar hingga tari kolosal yang melibatkan 200 penari membuat warga yang menyaksikan rangkaian acara pembukaan berdecak kagum.

Namun, siapa menyangka, acara ini diwarnai kesurupan massal. Puluhan penari kolosal diketahui mengalami kesurupan malam itu. Beruntung, hal ini tidak membuat jalannya pembukaan MTQ kelima ini terganggu.

Satu per satu, para penari ini tiba-tiba terjatuh dan meracau di tengah acara pembukaan yang masih berlangsung. Beruntung, para penari yang diduga kelelahan mempersiapkan diri sejak siang, dapat tetap tampil baik.

Sejumlah panitia pelaksana pun sempat terlihat sibuk mengevakuasi para penari yang kehilangan kesadaran, agar bisa segera pulih kembali. Mereka pun dievakuasi ke salah satu ruangan untuk menghindari kerumunan warga.

Sebelum pembukaan dimulai, sekitar 200 rombongan kafilah dari enam kabupaten di Sulawesi Barat, tampil satu per satu sambil memperkenalkan ciri khas daerah mereka masing-masing.

MTQ yang berlangsung selama empat hari kedepan ini akan memperlombakan 18 cabang antara lain tilawatil quran tingkat anak-anak, remaja hingga dewasa. Hifsil quran atau penghapal Alquran tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, cerdas cermat dan Kaligrafi Islami. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com