Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Dewan Polewali Mandar Diisi Pedagang, Aktivis, Hingga Anak Pejabat

Kompas.com - 25/04/2014, 08:48 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com -  Meski belum diumumkan secara resmi oleh KPU, namun beberapa wajah baru hampir dipastikan bakal duduk menjadi anggota DPRD Polewali Mandar, Sulawesi Barat. 

Terlepas dari isu money politics, menurut penghitungan suara sementara, keanggotaan DPRD 2014-2109 akan diisi wakil yang berprofesi sebagai kontraktor, aktivis, pengusaha ikan, pedagang beras, hingga anak mantan bupati.

Dari data sementara rekapitulasi KPUD Polewali Mandar diyakini hanya 19 dari 45 anggota dewan saat ini yang terpilih lagi menjadi anggota dewan.

Ketua KPUD Polewali Mandar, Muh Daniel dalam bincang-bincang dengan wartawan menyebutkan, mekanisme pemilu untuk memilih wakil rakyat memungkinkan siapa saja bisa mencalonkan diri menjadi anggota dewan. Semua bisa menjadi calon anggota legislatif sepanjang memenuhi syarat administratif.

Menanggapi komposisi anggota DPRD Polewali Mandar 2014-2019, Penasehat Laskar Anti Korupsi (LAKI) Sulbar, Hambiadi berharap masyarakat Polewali Mandar terlibat melakukan kontrol kinerja terhadap wakil rakyat yang baru.

Meski banyak diisi wajah baru yang belum pernah jadi anggota dewan, Hambiadi berharap anggota DPRD yang baru bisa segera bekerja dan tidk sekedar menjadikan gedung DPR sebagai sekolah selama lima tahun masa tugasnya.

“Kalau semua anggota dewan sekedar baru bisa belajar sebagai wakil rakyat ini kan merepotkan. Sekarang sudah bukan waktunya lagi belajar. Semua anggota dewan yang terpilih sudah harus siap bekerja,” ujar Hambiadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com