Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emilia Contessa Borong Suara DPD Dapil Jatim

Kompas.com - 24/04/2014, 20:54 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Penyanyi senior, Emilia Contessa dipastikan berhasil duduk di kursi Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Kepastian itu setelah dia berhasil meraih dukungan suara terbanyak dari daerah pemilihan Jawa Timur, untuk kursi DPD.

Data rekapitulasi suara DPD RI asal Jatim yang dihimpun Kompas.com, Kamis (24/4/2014), ibunda dari penyanyi Denada ini berhasil mengumpulkan 1.196.314 dukungan suara. Jumlah itu terbanyak dari 40 calon DPD lainnya di dapil Jawa Timur.

Suara terbanyak kedua ditempati mantan wartawan Ahmad Nawardi dengan 763.197 suara, ketiga ditempati Abdul Qadir Amir Hartono dengan perolehan 670.077 suara, dan keempat ditempati Budiono dengan perolehan 656.387 suara.

Adapun tiga anggota DPD periode 2009-2014 dapil Jatim yang kembali mencalonkan diri kali ini gagal mempertahankan suaranya. Mereka adalah Istibsjaroh, Wasis Siswoyo dan Abdul Sudarsono. Sedangkan Supratono tidak mencalonkan lagi.

Perolehan suara Istibsjaroh hanya 312. 562 suara, Wasis Siswoyo 48.906 suara, dan Abdul Sudarsono hanya meraih 430.432 suara.

Mengomentari hal itu, pakar politik Universitas Negeri Surabaya, Ali Imron, mengatakan, terpilihnya artis tahun 70-an itu murni karena faktor figur. Ini artinya, nama Emilia Contessa masih kuat di ingatan para pemilih, khususnya pemilih angkatan lanjut usia.

"Caleg DPD relatif sulit, karena tidak memiliki mesin partai. Jika menang, itu memang faktor figur," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com