Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

190 Relawan Cari Dua Korban Longsor di Malang

Kompas.com - 23/04/2014, 16:06 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 190 tim relawan dikerahkan untuk membantu pencarian dua korban tertimbun longsor di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi longsor tepat di lereng Gunung Semeru di Dusun Pandanrejo, Desa Bambang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

"Hari ini ada tambahan 20 personel dari Brimob yang ikut pencarian dua korban tertimbun longsor. Dari warga sebanyak 50 orang, dan relawan dari Tim SAR sendiri sebanyak 120 orang," kata Muji Utomo, Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, kepada Kompas.com, Rabu (23/4/2014).

Pencarian dua korban diduga tertimbun longsor itu dimulai dari Selasa (22/4/2014) pagi. Namun, karena terjadi hujan deras, pencarian dihentikan, mengingat medan yang rawan longsor dan hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Tim SAR tak bisa membawa alat berat ke lokasi longsor, sehingga pencarian dilakukan secara manual.

"Penacarian akan lama karena alatnya manual. Tak bisa bawa alat berat ke lokasi. Sementara volume longsor mencapai 24.000 meter kubik," kata Muji.

Kini, lanjut Muji, tim relawan dan personel Brimob akan membersihkan longsoran tanah. Dia berharap jasad kedua korban segera ditemukan.

"Harapan keluarga, korban segera ditemukan walau kondisinya sudah meninggal," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, longsor terjadi pada Senin (21/4/2014) pukul 15.30 WIB di kawasan hutan perhutani Bambang Selatan, Dusun Pandanrejo, Desa Bambang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Longsor tersebut menimbun dua warga, Yajid (35) dan Prayudi (28), keduanya asal Desa Bambang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Saat itu, pada Minggu (20/4/2014) pukul 09.00 WIB, kedua korban berangkat ke hutan mencari rumput untuk pakan ternak mereka. Namun hingga Senin (21/4/2014) pagi, kedua korban belum kembali ke rumah. Diduga mereka tertimbun longsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com