Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mashuri, 15 Tahun Dipasung dalam Kondisi Telanjang

Kompas.com - 23/04/2014, 09:34 WIB
KEDIRI, KOMPAS.com — Mashuri (35) sudah 15 tahun hidup dalam pasungan. Selama kurun waktu itu, ia hanya tinggal di bilik kamar berukuran 2 x 3 meter yang ada di belakang rumahnya di Desa Susuhbango, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri.

Sejak muda, Mashuri terpaksa dipasung keluarganya karena dikhawatirkan mengamuk saat gangguan jiwanya kambuh. Warga sekitar rumahnya yang tidak ingin terusik kemudian sepakat memasung Mashuri sejak ia berusia 20 tahun.

Namun, ada yang unik dari perilaku Mashuri. Selama dipasung, dia telanjang bulat serta memasang dua cincin di kemaluannya. Cincin pertama terbuat dari kuningan bekas tutup botol yang dipasangkan di pangkal kemaluan. Kemudian, cincin kedua dibuat dari bekas uang logam yang dilubangi tengahnya. Pemasangan kedua cincin itu sempat mengakibatkan infeksi.

Meski luka infeksi itu sekarang sudah sembuh, bekas luka masih terlihat, dan dua cincin itu sampai sekarang masih melekat. Tentu saja tidak ada yang berani melepaskan kedua cincin karena khawatir Mashuri akan berontak.

"Warga tahunya sudah dipasangi dua cincin," ujar Abdul Ghofur (30), tetangganya.

Penderitaan putra almarhumah Supijah di pasungan itu sudah dilaporkan ke petugas Puskesmas Sambi. Petugas pun sudah mengecek kondisi penderita.

Dokter dari Puskesmas Sambi, dr Anna Minarti, mengatakan bahwa pihaknya sudah merujuk penderita agar dibawa ke RSJ Lawang.

"Begitu mendapatkan laporan, kami langsung memproses untuk dirawat di RSJ Lawang. Sekarang sedang menunggu proses pemberangkatannya," kata Anna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com