Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras, Pencarian Korban Longsor Dihentikan

Kompas.com - 22/04/2014, 15:09 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Proses pencarian dua korban tewas akibat tertimbun longsor di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (22/4/2014), untuk sementara dihentikan, karena hujan deras dan rawan longsor susulan.

Pencarian akan dilanjutkan pada Rabu (23/4/2014) besok. "Besok kita lanjut lagi. Semua personel tim SAR dan warga diminta untuk kembali ke pos 1 penjagaan," kata Kepala Polsek Wajak AKP Sardikan, di lokasi longsor, Selasa (22/4/2014).

Jarak lokasi longsor yang diduga menelan dua korban petani ini sejauh 26 kilometer arah tenggara dari Kota Malang. Sementara jarak lokasi dari rumah warga, di Desa Bambang, kurang lebih enam kilometer, dan harus tempuh dengan jalan kaki. 

"Medannya menuju lokasi sangat sulit. Khawatir longsor. Cukup berbahaya bagi keselamatan tim SAR dan warga yang membantu pencarian korban. Kita tak mau mengambil risiko," tegas Sardikan.

Sejak Selasa pagi, puluhan warga mendatangi lokasi walau jaraknya cukup jauh. "Bagi warga disini sudah biasa jalan kaki," katanya. Tapi, anggota Tim SAR kesulitan untuk membawa alat seperti mesin pemotong kayu. "Karena lokasinya berada di lereng Gunung Semeru," ungkap Sardikan.

Camat Wajak, Bagus Sulistiawan menerangkan, langkah awal sudah dilakukan untuk mengenali kondisi medan. "Kita sudah memotong pohon di lokasi, walau tak lama karena hujan deras. Besok kita akan coba menyingkirkan reruntuhan longsor," katanya.

Panjang tebing longsor mencapai 60 meter, lebarnya 20 meter, ketinggiannya mencapai 20 meter. "Makanya kita minta bantuan BPBD dan PMI," ujarnya ditemui di lokasi longsor.

Adapun, jumlah warga di Desa Bambang, yang ikut membantu pencarian mencapai 200 warga. "Relawan sebanyak 100 orang. Kita sudah komunikasi ke pihak keluarga kedua korban. Pihak Mupika dan Pemkab Malang akan berusaha mencari krdua korban," katanya.

Ditanya apakah ada santunan untuk kedua keluarga korban, Bagus mengaku sudah mengajukan usulan bantuan ke Pemkab Malang. "Bantuan sudah kita ajukan. Belum ada jawaban," katanya.

Diberitakan sebelumnya, longsor terjadi pada Senin (21/4/2014), tepatnya pukul 15.30 WIB di kawasan hutan Perhutani Bambang Selatan, Dusun Pandanrejo, Desa Bambang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Dua orang yang diduga meninggal dunia adalah Yajid (35), warga Dusun Krajan RT 24 RW 08 Desa Bambang Kecamatan Wajak Kabupaten Malang, dan Prayudi (28), warga dusun Pandanrejo RT 34 RW 11 Desa Bambang Kecamatan Wajak Kabupaten Malang.

Kronologi kejadian, pada hari Minggu (20/4/2014), pukul 09.00 WIB, korban berangkat ke hutan mencari rumput untuk pakan ternaknya. Hingga Senin (21/4/2014) pagi, kedua korban belum kembali ke rumah, hingga diketahui mereka diduga tertimbun longsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com