Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

21 Pesepeda Wanita "Lumat" Mamuju-Majene 180 Km

Kompas.com - 22/04/2014, 14:32 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - 21 srikandi Indonesia yang menggelar touring bersepeda bertajuk "Srikandi Inspirasi bagi Negeri 2014" tiba di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Selasa (22/4/2014).

Ke 21 pesepeda wanita itu akan menempuh rute lebih dari 1.000 kilometer, yang dimulai dari Mamuju sejak Senin kemarin.

Para perempuan tangguh asal berbagai kabupaten di Sulawesi Barat ini mengundang perhatian warga di sepanjang jalan transSulawesi.

Mereka datang dari berbagai latar belakang usia dan profesi. Ada mahasiswa, pegawai negeri sipil, wirausaha, hingga dosen. PEserta termuda berusia 22 tahun, dan tertua 44 tahun.

Selain untuk memperingati Hari Kartini, touring bersepeda ini bertujuan untuk mengampanyekan peningkatan kualitas hidup sehat dengan cara berolahraga sepeda.

“Semangatnya adalah memperingati Kartini, sekaligus bertujuan mengampanyekan peningkatan kualitas hidup sehat dengan bersepeda sehat,” ujar Yunengsih, koordinator rombongan touring tersebut. 

Touring ini akan menempuh rute Mamuju- Majene- Polewali Mandar- Pinrang- Sidrap -Enrekang -Toraja -Belopa -Soppeng -Sidrap -Parepare -Barru -Pangkep -Maros dan finish di Makassar.

Meski sukses menempuh etape pertama yang berjarak 180 kilometer dari Mamuju ke Majene, namun sejumlah peserta sempat drop karena menempuh medan yang berat berupa jalan terjal yang berkelok.

Ditemui saat istirahat di etape kedua di salah satu warung makan di Polewali Mandar, para Srikandi ini umumnya menyatakan tekad untuk terus melanjutkan perjalanan mereka ke etape terakhir dan finish di Makassar.

Pelaksanaan touring kali ini merupakan kelanjutan dari aksi serupa yang sukses digelar para sejak 2011 silam. Tahun 2011, rute yang ditempuh adalah Jakarta-Jepara. Tahun 2012 rute Jepara -Bandung. Tahun 2013 Aceh -Padang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com