Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Tak Yakin Kunci Jawaban UN di Surabaya Bocor

Kompas.com - 20/04/2014, 18:26 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Dugaan kebocoran kunci jawaban Ujian Nasional (UN) SMU di Surabaya dibantah oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Dia menyatakan tidak percaya sama sekali jika kunci jawaban UN SMU bocor, dan tersebar di kalangan peserta UN SMU.

Menurut Risma, peluang kebocoran kunci jawaban UN sangat kecil. Selain didukung soal yang acak dan tidak sama antar-peserta, juga disertai sistem pengamanan sangat ketat yang melibatkan sejumlah pihak.

"Karena itu, saya tidak yakin kunci jawaban Unas (UN) itu bocor," katanya, Minggu (20/4/2014).

Risma meyakini, siswa yang menyebarkan kunci jawaban tersebut hanyalah aksi siswa yang ingin mencari perhatian dan ingin menunjukkan bahwa dia berhasil memiliki kunci jawaban UN.

"Kami juga terus berkomunikasi dengan pihak kepolisian, dan memastikan siswa-siswa tersebut tidak ditahan, karena kasihan masa depan mereka masih panjang," jelasnya.

Sebelumnya, polisi menangkap dua siswa sebuah sekolah di Surabaya di hari terakhir UN pada 16 April lalu. Keduanya kedapatan membawa beserta foto kopi kunci jawaban UN.

Keduanya mengaku mendapatkan kunci jawaban UN dengan membeli dari seseorang seharga Rp 150.000 per paket. Pemeriksaan terus berkembang ke puluhan siswa dari 10 SMU negeri di Surabaya, yang diduga juga memanfaatkan kunci jawaban tersebut.

Polisi sampai saat ini terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dalam kasus ini, serta menunggu kepastian, apakah kunci jawaban yang dipakai siswa tersebut cocok dengan soal UN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com