Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekap Suara Berbeda, Caleg Demokrat Laporkan Ketua PPK

Kompas.com - 17/04/2014, 18:27 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Tak puas dalam perolehan suara Pileg kemarin, Yusrizal, Ketua Demokrat Kabupaten Bireuen yang juga calon anggota DPRK Bireuen nomor urut I, melaporkan Ketua PPK Kecamatan Kota Juang, Asnawi, ke Panwaslu Bireuen, Kamis (17/4/2014).

Yusrizal mencurigai adanya “permainan” yang dilakukan PPK Kota Juang dalam merekap perolehan suara para caleg. Menurut Yusrizal, terdapat perbedaan antara perolehan suara di form C1 dengan rekap suara tingkat PPK kecamatan.

Menanggapi hal itu, Ketua Panwaslu Bireuen, A Majid, mengatakan, pihaknya sudah menerima pengaduan caleg tersebut disertai bukti-bukti perolehan suara C1 dari pelapor di 10 desa, berbeda dengan rekap suara di Kecamatan Kota Juang.

Diakuinya, penyimpangan perbedaan suara di C1 dengan rekap PPK diduga untuk kepentingan oknum tertentu. Pelaku diduga mengalihkan perolehan suara pelapor ke caleg lain.

Majid menyatakan, pihaknya akan memeriksa saksi masing-masing anggota KPPS dan seorang warga Desa Desa Pulo Kiton.

“Nanti Ketua PPK Kota Juang juga kita panggil untuk mengusut perbedaan perolehan suara di C1 dengan rekap PPK Kecamatan Kota Juang,” kata A Majid.

Jika terbukti berbuat curang, lanjut Majid, pelaku dapat dipidana, dan pihaknya meminta PPK Kecamatan Kota Juang memperbaiki rekap sesuai C1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com