Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Rangkaian Perayaan Paskah, Polisi Sisir Gereja-gereja di Surabaya

Kompas.com - 17/04/2014, 13:41 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Menjelang rangkaian perayaan Paskah, Tim Gegana Polda Jawa Timur menyisir sejumlah gereja di Surabaya, Kamis (17/4/2014) siang. Mereka memastikan gereja-gereja tersebut aman dari ancaman bom dan bahan peledak.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Gereja Hati Kudus di Jalan Polisi Istimewa Surabaya, satu tim terdiri dari 10 petugas penjinak bom menyisir setiap sudut gereja, dari tempat duduk jamaah, sekitar altar, hingga ruang di kanan dan kiri gereja. Hingga penyisiran berakhir, polisi memastikan tidak ada benda mencurigakan yang berpotensi meledak di gereja tersebut menjelang momen Kamis Putih, nanti malam.

"Ini untuk memberikan jaminan keamanan kepada jemaat gereja, bahwa ritual yang akan mereka lakukan mulai nanti malam, aman dari ancaman bom," kata Kepala Unit Penjinak Bom (Jibom), satuan Gegana Polda Jawa Timur, Iptu Deny Sandra.

Selain di Gereja Hati Kudus, penyisiran juga dilakukan dua tim gegana juga di sejumlah gereja di Surabaya yang memiliki jemaat relatif banyak, seperti di Gereja Roh Kudus di Kawasan Rungkut, Gereja Yakobus di kawasan Perumahan Citraland, Gereja Sakramen Maha Kudus di Pagesangan, Gereja Redeptor Mundi di Dukuh Kupang, Gereja Kristus Raja di Tambak Sari, dan Gereja Bethany di kawasan Nginden.

Pihaknya mengaku hanya melakukan penyisiran sebelum ritual keagamaan dimulai.

"Pengamanan tambahan di saat pelaksanaan ritual, hanya berdasarkan permintaan pihak pengelola gereja saja," tambah Deny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com