Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imigran Gelap di Kota Makassar Capai 1.032 Orang

Kompas.com - 16/04/2014, 21:59 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak 1.032 jiwa imigran gelap dari berbagai negara yang berada di beberapa lokasi pengungsian di Kota Makassar, mendapat pengawasan ketat dari pihak Imigrasi dan kepolisian. Jumlah imigran gelap ini tercatat sejak Maret 2014.

Banyaknya imigran gelap di Kota Makassar ini membuat Kepala Polrestabes Makassar dan Wali Kota Makassar berkoordinasi dengan Menkopolhukam, Wakabaharkam Mabes Polri melalui telekonfrensi di Markas Polrestabes Makassar, Rabu (16/4/2014).

"Koordinator masing-masing daerah adalah Wakapolda. Jadi kami koordinasi langsung dengan Menkopolhukam dan Wakabaharkam. Tercatat sejak bulan Maret 2014, sebanyak 1.032 jiwa imigran gelap di Kota Makassar berada di beberapa tempat penampungan. Mereka di bawah pengawasan pihak Imigrasi, UM, dan Office of the High Commissioner for Human Rights (OHCHR)," kata Kepala Polrestabes Makassar, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Fery Abraham.

Fery yang baru sehari resmi menjabat Kepala Polrestabes Makassar menggantikan Kombes Polisi Wisnu Sandjaja ini merinci imigran gelap itu terdiri dari 440 warga Afganistan, 258 jiwa warga Myanmar, 129 jiwa warga Irak, 82 jiwa warga Somalia, 34 jiwa warga Srilanka, 35 jiwa warga Iran, dan sisanya, warga Sudan serta Palestina.

"Saya masih baru di sini, nanti saya koordinasi dulu dengan pihak Imigrasi. Makanya koordinasinya dilakukan tadi dengan telekonfrensi," tutur Fery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com