Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Kunci Jawaban Rp 150.000, Dua Peserta UN Ditangkap

Kompas.com - 16/04/2014, 18:19 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Dua pelajar SMA di wilayah Kecamatan Benowo, Surabaya, ditangkap polisi seusai mengikuti ujian nasional (UN), Rabu (16/4/2014).

Keduanya diduga terlibat aksi penjualan kunci jawaban UN. Modus yang dilakukan dua pelajar tersebut adalah melakukan komunikasi dunia maya dengan salah seorang yang menawarkan isi jawaban UN tingkat SMA.

Setelah kesepakatan dicapai, jawaban tersebut dikirim melalui e-mail oleh orang yang belum diketahui identitasnya tersebut. Selanjutnya, jawaban ini diunduh oleh pelaku, lalu dicetak dan diperbanyak untuk dijual kepada teman-teman sekolahnya.

Aksi itu ternyata menyebar dari mulut ke mulut, dan sampai ke telinga polisi. "Jawaban itu dijual Rp 150.000 per paket. Belum diketahui berapa yang laku karena masih dalam pemeriksaan," kata Kepala Satreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Farman.

Selain kedua pelajar itu, polisi juga mengamankan 200 lembar fotokopi kunci jawaban UN sebagai barang bukti.

"Kami incar keduanya sejak lama. Kami sengaja mengamankannya seusai mengerjakan soal unas (ujian nasional) hari terakhir," kata Farman.

Polisi berjanji menentukan status kedua pelajar tersebut dalam tempo 24 jam. Sebab, polisi masih membutuhkan waktu untuk melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan demi memastikan kebocoran itu.

"Saat ini keduanya masih diperiksa intensif terkait lembar kunci jawaban unas tersebut," kata Farman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com