Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiah Uang dan Seekor Ayam untuk Siswa yang Bisa Dapat Nilai 10

Kompas.com - 14/04/2014, 15:20 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com — Siswa peserta ujian nasional tingkat SMA sederajat di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, akan mendapat hadiah uang Rp 100.000 jika bisa meraih nilai 10 dari sekolahnya masing-masing. Hadiah itu diberikan untuk memotivasi siswa supaya giat belajar dan berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai terbaik.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal Muryono mengatakan, hadiah untuk siswa yang mendapat nilai 10 sudah menjadi tradisi bagi sekolah yang ada di Kabupaten Kendal. Tradisi tersebut diberlakukan oleh sekolah masing-masing dan tidak ada perintah dari dinas.

"Ada juga sekolah yang memberi seekor ayam kepada siswa yang mendapat nilai 10. Sekolah itu SMAN 1 Boja," katanya, Senin (14/4/2014).

Muryono menambahkan, tahun kemarin, ada dua siswa SMA sederajat di Kabupaten Kendal yang tidak lulus. Satu siswa SMA, satunya lagi siswa SMK. Muryono berharap pada tahun ini semua siswa yang ikut UN lulus.

"Kami berharap semua lulus. Yang terpenting, berdoa, belajar, dan percaya diri, jangan pernah percaya dengan isu bocoran soal sebab itu menyesatkan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kendal Sunarto mengaku pihaknya selalu memberi bonus kepada siswa peserta UN yang mendapat nilai 10. Bonus ini ialah untuk motivasi biar siswa rajin belajar dan mempunyai keinginan besar untuk mendapat nilai 10.

"Tahun kemarin yang mendapat nilai 10 ada sekitar 40 siswa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com