Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Kecamatan di Polewali Gelar Pemilu Ulang

Kompas.com - 14/04/2014, 09:19 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Pemilihan umum legislatif di empat kecamatan pada delapan tempat pemungutan suara (TPS) di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, diulang, Selasa (15/4/2014).

Sebelumnya, Panwaslu setempat merekomendasikan pemilihan ulang karena terjadi pelanggaran administratif, menyusul adanya surat suara "salah alamat" dari dapil Mamuju yang dicoblos pemilih di sejumlah TPS di Polewali Mandar, pada pemilu 9 April 2014 lalu.

“Sesuai rekomendasi panwaslu, delapan TPS di empat kecamatan akan diulang menyusul adanya temuan surat suara dapil Mamuju dicoblos di Polewali mandar,” ujar Ketua KPU Polewali Mandar, Muhammad Daniel usai menggelar rapat pleno di kantor KPU, Minggu (13/4/2014) kemarin.

Dijelaskan, surat suara dari dapil V Mamuju di empat kecamatan di Polewali Mandar, yakni Kecamatan Tinambung, Limboro, Tapango, dan Pambusuang. Pencoblosan di empat kecamatan itu dinilai sebagai pelanggaran administratif dan jelas merugikan perolehan suara partai dan calon legislatif.

Daniel menyebutkan, KPU kini tengah melakukan konsolidasi termasuk menyurati semua partai politik peserta pemilu, agar, hari ini (Senin, 14/4/2014) dapat menyiapkan saksi untuk proses pemilu ulang, besok.

Selanjutnya, seluruh biaya pemilu termasuk honor petugas TPS, pembangunan TPS hingga petugas linmas akan dianggarkan KPU.

Sejalan dengan itu, KPU pun mulai melakukan sosialisasi kepada warga dan akan segera mengirimkan undangan pemungutan suara ulang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi warga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com