Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Surabaya Dapat Penghargaan Socrates Award 2014

Kompas.com - 13/04/2014, 18:23 WIB


SURABAYA, KOMPAS.com
- Kota Surabaya meraih penghargaan Socrates Award 2014 dari Europe Business Assembly (EBA) untuk kategori "City of the Future" (Kota Masa Depan) yang akan diserahkan pada Rabu (16/4/2014) malam di London, Inggris.

"Saya sudah dapat konfirmasinya. Penilaian kategori ini berdasarkan semua aspek," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Minggu.

EBA adalah perusahaan independen berbasis di Inggris yang memberi perhatian terhadap pengembangan ekonomi, sosial, dan budaya. Sebagai organisasi non pemerintah, EBA mempromosikan transformasi ekonomi praktis, pendidikan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan.

Kategori "City of the Future" tersebut merupakan yang tertinggi yang bisa disabet peraih penghargaan setingkat kota.

Selain menerima penghargaan, wali kota juga diberi kehormatan untuk menyampaikan paparan dalam forum yang dihelat EBA itu.

"Saya nanti akan memaparkan secara lengkap tentang Kota Surabaya, termasuk mengenai konstruksi. Mereka ingin tahu bahwa Surabaya kota yang proses pembangunannya bergerak di segala bidang," katanya.

Risma mengatakan, EBA memandang berbagai permasalahan di Surabaya ditangani secara komprehensif. Indikatornya, intensitas banjir berkurang, kualitas udara membaik, sosial-pendidikan juga lebih baik, dan penanganan sosial dilakukan secara manusiawi.

Atas keberhasilan Surabaya meraih penghargaan Internasional, Risma berharap capaian ini dapat melecut motivasi warga kota untuk berani bersaing di kancah global.

"Kalau sudah begini, warga Surabaya harus bisa mengambil keuntungan. Artinya, kita sudah diakui dunia selanjutnya tinggal komitmen kerja keras yang dibutuhkan agar bisa berhasil," kata wali kota yang sudah mengantarkan Surabaya meraih lebih dari 50 penghargaan level nasional maupun internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com