Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kecamatan di Sumenep Gelar Pencoblosan Ulang

Kompas.com - 13/04/2014, 11:45 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


SUMENEP, KOMPAS.com - Dua kecamatan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yakni Kecamatan Batu Putih dan Kecamatan Ambunten, hari ini Minggu (13/4/2014) melaksanakan Pemilu ulang untuk semua calon legislatif.

Baik caleg DPRD Kabupaten Sumenep, caleg DPRD Provinsi Jawa Timur, caleg DPR RI dan DPD RI. Dari dua kecamatan tersebut, ada delapan TPS yang akan melakukan Pemilu ulang.

Enam TPS di Kecamatan Batu Putih itu meliputi TPS 8 Desa Batu Putih Laok, TPS 6 Desa Juruan Daya, TPS 8 Desa Jaruan Laok, TPS 2 Desa Sergang, TPS 7 Desa Batu Putih Daja, dan TPS 2 Desa Batu Putih Kenek.

Sementara di Kecamatan Ambunten, meliputi TPS 8 Desa Tamba Agung dan TPS 4 Desa Keles. Total suara dari 8 TPS yang akan melaksanakan Pemilu ulang sebanyak 2.500 suara.

Toha Samadi, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep mengatakan, semua logistik untuk keperluan di dua kecamatan itu sudah terpenuhi semua. Sebab, KPU sudah menjemput kekurangan logistik sehari menjelang pelaksanaan ke KPU Jawa Timur.

"Kalau logistik yang belum terpakai, seperti kertas plano untuk rekapitulasi di PPS dan di KPPS, masih bisa digunakan lagi. Kekurangannya hanya pada surat suara, tinta dan beberapa formulir seperti C 6 undangan ke pemilih, C.1 untuk saksi di masing-masing TPS, dan berita acara pelaksanaan pemungutan di masing-masing TPS," terang Toha Samadi.

Menurut Toha, prosedur pelaksanaan Pemilu ulang tidak ada perbedaan dengan Pemilu sebelumnya. Surat undangan sudah disebar sehari sebelumnya dan petugas di masing-masing TPS akan bertugas seperti pada Pemilu sebelumnya.

Pemilu ulang ini terpaksa dilakukan karena pada Pemilu sebelumnya, surat suara di dua kecamatan tersebut tertukar dengan daerah lain. Namun setelah ditelusuri di daerah lain, tidak ada yang tertukar. Kemungkinan ada kesalahan pada saat membungkus logistik di KPU Sumenep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com