Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gajah Mati Dibunuh di Aceh Barat, Kepala dan Gading Hilang

Kompas.com - 12/04/2014, 16:28 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

ACEH BARAT, KOMPAS.com - Tim dari satuan Reskrim Polres Aceh Barat bersama BKSDA Aceh, dan LSM Center for Orangutan Protection (COP) menemukan bangkai gajah yang diduga mati terkena diranjau.

Gajah yang diperkirakan telah mati sejak sekitar dua minggu lalu itu ditemukan di kawasan Hutan Desa Teupin Panah, Kecamatan Kawai XVI, Aceh Barat.

Demikian penjelasan yang diberikan Kasat Reskrim Aceh Barat AKP Elri Purnama, Sabtu (12/4/2014).

"Kondisi gajah sudah membusuk, gading dan kepalanya hilang, diduga itu sengaja diburu, karena jarak 50 meter dari bangkai gajah kami temukan jerat alat perangkap gajah," kata Elri.

Menurut Elri, kasus pembunuhan gajah ini akan terus didalami hingga pelakunya tertangkap. Sebelumnya, kepala desa dan warga sudah dimintai keterangan, namun diduga pemburu gajah itu bukan warga setempat.

"Hasil identifikasi di lokasi dan sejumlah barang bukti seperti alat kayu, tali alat perangkap sudah kita amankan untuk penyelidikan lebih lanjut," sambung Elri.

Usai melakukan identifikasi, polisi juga melakukan penyisiran di sekitar lokasi untuk mencari alat persangkap yang diduga masih terpasang di sekitar hutan itu.

Polisi bersama BKSDA dua minggu lalu pun sudah pernah masuk ke lokasi ini, namun tak menemukan gajah mati. Hingga berita ini diturunkan, bangkai gajah yang sudah membusuk itu masih dibiarkan tergeletak begitu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com