Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Bank Tutup Seharian di Wamena, Kehabisan Uang Jelang Pemilu?

Kompas.com - 09/04/2014, 00:31 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Empat bank pemerintah yang ada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, tak beroperasi pada Senin (7/4/2014). Diduga, berhentinya aktivitas ini karena habisnya stok uang tunai pada hari tersebut.

Salah seorang warga Kota Wamena, Robin, yang dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan tutupnya empat bank yang ada di Wamena itu.

"Sepanjang hari kemarin, Bank BPD, BNI, Mandiri, dan BRI semua tutup, aktivitas berhenti. Kami tidak bisa melakukan transaksi bank," ujar Robin kepada Kompas.com, Selasa (8/4/2014). Namun, aktivitas bank tersebut sudah kembali normal pada Selasa. 

Salah seorang pegawai KPU Papua, yang enggan disebut identitasnya, mengaku khawatir dengan penarikan uang tunai besar-besaran di Wamena. "Indikasi ke arah politik uang pada pemilu legislatif kemungkinan bisa terjadi dan ini sangat mengkhawatirkan," kata dia.

Kekhawatiran pegawai KPU itu soal dugaan politik uang semakin bertambah karena semua pesawat dengan tujuan penerbangan ke pedalaman Papua, termasuk ke Wamena, sudah dicarter. "Semoga sih tidak terjadi," kata dia ketika ditemui di KPU Papua. 

Hingga kini, belum ada pihak terkait yang bisa dikonfirmasi terkait berhentinya aktivitas perbankan di Wamena sepanjang Senin. Belum dapat dipastikan pula apakah berhentinya aktivitas keempat bank karena kehabisan stok uang tunai sebagaimana diduga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com