Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudi Mengaku Tak Merasa Bunuh Neneknya

Kompas.com - 08/04/2014, 20:42 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


PAMEKASAN, KOMPAS.com — Rudi Hermawan (27), warga Kelurahan Patemon, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, tega menghabisi nyawa neneknya, Sittina (78), dengan pisau dapur, Senin (7/4/2014).

Akibat perbuatannya, Rudi mendekam di penjara Polres Pamekasan, dan baru menjalani pemeriksaan pada Selasa (8/4/2014). Saat menjawab pertanyaan penyidik, gelagat gangguan jiwa ditunjukkan oleh Rudi dengan mengaku sebagai orang bernama "Joko Samudro".

Ikwan Rosyidi, Kepala Unit Pidana Umum Polres Pamekasan, mengatakan, ketika ditanya siapa Joko Samudro, Rudi menjawab bahwa sosok itu adalah dirinya. Namun ketika ditanya siapa Rudi Hermawan, ia mengaku itu adalah nama lain dari Joko Samudro.

“Jadi Joko Samudro itu adalah nama lain Rudi Hermawan, walaupun dia tidak mengenal siapa sosok Joko Samudro itu,” kata Ikhwan saat ditemui setelah proses penyidikan Rudi.

Penyidik juga mengajukan pertanyaan lain kepada Rudi tentang alasan ia membunuh neneknya. Rudi mengaku tidak tahu dan tidak sadar atas perbuatan itu. Bahkan, dia tidak merasa bahwa yang ia bunuh adalah neneknya.

“Ia mengaku dirasuki roh Joko Samudro, dan roh neneknya sendiri juga merasuk ke dalam dirinya,” terang Ikwan.

Karena jawaban yang disampaikan Rudi berubah-ubah, proses penyidikan terpaksa dihentikan. Rudi dianggap sedang dalam depresi berat. Penyidikan akan dilanjutkan jika kondisi Rudi sudah membaik.

Polres masih akan memanggil ahli kejiwaan untuk mengetahui kondisi detail mengenai Rudi. Untuk mendalami kasus pembunuhan ini, polisi akan memanggil ibu Rudi, Tumpihah, untuk diperiksa. Tumpihah dianggap mengetahui langsung saat pelaku mengambil pisau di dapurnya untuk membunuh Sittinah.

Sebelumnya diberitakan, Rudi Hermawan membunuh neneknya menggunakan pisau dapur. Pelaku menggorok leher neneknya yang sudah pikun. Diduga, perbuatan itu dilakukan karena Rudi depresi setelah diputuskan oleh pacarnya yang berasal dari Kabupaten Sampang.

Selain itu, Rudi juga baru dipecat dari pekerjaannya di salah satu perusahaan swasta di Pamekasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com