Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Hadiah Uang untuk TPS dengan Jumlah Pemilih Terbanyak

Kompas.com - 07/04/2014, 16:21 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Berbagai upaya dilakukan untuk menekan angka "golput" pada Pemilihan Umum 2014 ini. Salah satunya dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang akan memberikan hadiah kepada penyelenggara pemilu di wilayah setempat.

"Bagi penyelenggara pemilu, mulai tingkat TPS, PPS dan PPK, dengan partisipasi pemilih tertinggi akan kami beri hadiah uang insentif," ujar Ketua KPU Temanggung, Sujatmiko, tanpa merinci nominal hadiah tersebut, Senin (7/4/2014).

Menurut Sujatmiko, ide pemberian hadiah itu bertujuan untuk lebih meningkatkan tingkat partisipaspi pemilih. Meskipun, Temanggung termasuk Kabupaten dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi dibanding Kabupaten dan Kota lain di Jawa Tengah. Data ini berdasarkan pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada 2013 lalu.

"Pada Pilgub 2013 lalu kami juga telah memberlakukan kebijakan ini, dan cukup efektif memotivasi para penyelenggara untuk kerja keras menyukseskan Pilgub. Bahkan partisipasi pemilih di Temanggung termasuk tertinggi se-Jawa Tengah, mencapai 82.89 persen," urai Sujatmiko.

Sujatmiko berujar, terobosan ini juga telah mendapat sambutan positif baik dari Pemkab dan DPRD Temanggung.

Dia mengaku telah mengusulkan pemberian penghargaan itu kepada Bupati setempat untuk kemudian ditampung melalui mekanisme mendahului APBD perubahan 2014.

"Ada beberapa ketentuan dalam memberikan penghargaan, antara lain dinilai dari tingkat partisipasi atau kehadirin pemilih di TPS juga termasuk tingkat suara sah dan tidak sah," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com