Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bandung Juga Wajib Menginap di TPS Sehari Sebelum Pemilu

Kompas.com - 07/04/2014, 14:31 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com -- Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan meminta jajarannya untuk memperketat pengawalan jelang pengamanan Pemilu 2014. Iriawan menginstruksikan agar polisi sudah harus siaga menjaga TPS sehari sebelum pencoblosan atau Selasa (8/4/2014).

"Tanggal 8 itu petugas (polisi se-Jabar) sudah harus geser ke TPS masing-masing," katanya seusai memimpin Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Ops Mantap Brata dalam rangka Pam Pemungutan Suara Pileg 2014 di Lapangan Gazibu, Bandung, Jawa Barat, Senin (7/4/2014).

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Mashudi juga mengatakan hal senada. Mashudi menambahkan, sehari sebelum pencoblosan, anggotanya diwajibkan menginap di masing-masing TPS.

"Ya, kita wajibkan personel kita menginap di TPS. Jadi sehari sebelumnya petugas sudah hadir di TPS masing-masing dan menginap. Kita akan lakukan pengawalan ketat," tegas Mashudi.

Instruksi ini diberikan dengan tujuan agar keamanan TPS dan penyelenggaraan pemilu terjamin. Mashudi mengatakan, jajaran Polrestabes Bandung siap mengerahkan 2.654 personelnya dan 480 personel cadangan.

Pada hari H, kepolisian akan dibantu oleh pelindung masyarakat (Linmas) untuk mengamankan dengan pola pengamanan tersendiri.

"Pola 2-5-10 itu artinya dua TPS dijaga oleh lima anggota polisi dan sepuluh anggota linmas," kata Mashudi.

Pola ini berlaku di semua TPS yang ada di Bandung. Seperti diketahui, ada 5.334 TPS yang tersebar di 151 kelurahan dan 30 kecamatan di Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com