Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Tsunami, Lima Sekolah di Banyuwangi Kosong

Kompas.com - 03/04/2014, 15:07 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Peringatan Pusat Data Informasi BNPB terkait dampak gempa tsunami yang terjadi di pantai utara Cile mengakibatkan aktivitas lima sekolah yang ada di kawasan Dusun Pancer dan Pulau Merah, Banyuwangi terganggu.

Sekolah yang terdiri dari dua sekolah dasar dan tiga taman kanak-kanak yang berdiri di dekat pantai menjadi non-aktif akibat peringatan BNPB tersebut.

Menurut Slamet, Guru SDN 8 Sumberagung, Kamis (3/4/2014), dari 330 siswanya, tidak ada satu pun yang masuk sekolah.

"Semuanya tidak masuk sekolah karena ikut orangtuanya mengungsi. Padahal anak-anak kelas 6 ujian try out sejak Selasa kemarin untuk persiapan ujian sekolah utama," ungkap Slamet.

Slamet mengatakan, hari ini jadwal tryout adalah mata pelajaran matematika. "Mungkin nanti akan diganti hari lain," kata dia.

Jika situasi belum pulih, lanjut Slamet, mau tidak mau pihak sekolah akan meliburkan siswanya. Terkait sekolah yang diliburkan dia sudah melaporkan ke Dinas Pendidikan Banyuwangi.

"Sekolah maklum karena warga seempat masih punya pengalaman buruk tsunami 20 tahun yang lalu," ujar Slamet.

Slamet juga berharap agar sekolah tempatnya mengajar memiliki jalur evakuasi karena gedung SDN 8 Suberagung hanya memiliki satu pintu utama.

"Gedung ini kan jaraknya hanya beberapa meter dari pantai. Saya tidak bisa membayangkan jika gelombang datang dari arah laut selatan, karena sekolah ini langsung berhadapan dengan laut. Jalur evakuasi bisa mengarah ke belakang karena ada perbukitan yang bisa untuk menyelamatkan diri," cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com