Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Saksi Diperiksa Terkait Kasus Penembakan Mobil Caleg Partai Aceh

Kompas.com - 01/04/2014, 19:49 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak lima saksi telah diperiksa terkait penembakan mobil rombongan milik calon anggota legislatif Partai Aceh, Haswadana. Hal itu dikatakan Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Gustav Leo saat dihubungi wartawan, Selasa (1/4/2014).

“Sudah diperiksa lima saksi, tiga dari warga yang melihat, dua dari (penumpang) yang selamat,” kata Gustav.

Namun, belum diketahui identitas dan ciri-ciri pelaku penembakan karena saat peristiwa terjadi, kondisi di sekitar lokasi gelap. Dari pemeriksaan sementara, ia menambahkan, mobil kijang kapsul BK 1216 HQ yang dikendarai oleh Muhibbuddin bin Yacob (35) itu ditembak oleh pelaku dari jarak sekitar 30 hingga 40 meter. Sopir kemudian memacu kendaraannya untuk menghindari korban yang lebih banyak.

“Kemudian sopir langsung tancap gas saat ditembak dari belakang,” ujarnya.

Gustav menambahkan, kepolisian telah berkoordinasi dengan partai lokal setempat untuk meminimalisir kasus kekerasan yang terjadi. Tujuannya, agar pelaksanaan pemilu legislatif yang akan berlangsung pada 9 April 2014 mendatang dapat berjalan lancar.

“Sebanyak tiga SSK (satuan setingkat kompi) ditempatkan di titik rawan Aceh yaitu Aceh Barat, Aceh Utara, dan Bireuen,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, tiga orang tewas dan satu orang kritis dalam peristiwa penembakan oleh orang tak dikenal terhadap mobil milik caleg Partai Aceh, Haswadana, Senin (31/3/2014). Mobil itu rencananya bertolak menuju Buket Tekuh, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen untuk mengantarkan salah seorang penumpangnya berobat di sana. Namun, setiba di tikungan kuburan Cina, Desa Buket Tekuh, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, mobil tersebut ditembak oleh orang tak dikenal.

Tiga orang yang tewas yakni Zuani (26), Hazirawati (19) dan Khairil Anwar (1). Sedangkan korban yang mengalami luka kritis yaitu Fakrurrazi bin Abdul (25). Saat ini masih menjalani perawatan di RS Umum Fauziah Biereuen, Aceh.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com