Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumsel Diguncang Gempa 5,4 SR

Kompas.com - 31/03/2014, 13:53 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 5,4 SR mengguncang Provinsi Sumatera Selatan, Senin (31/3/2014). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada pukul 11.13.42 Wib dengan pusat gempa 32 km Barat Daya Ogan Komering Ulu Selatan di kedalaman 10 km.

Sebagian warga Kota Baturaja mengaku merasakan getaran gempa yang terjadi beberapa detik itu. Namun, menurut warga, getarannya tidak terlalu terasa sehingga tidak mengganggu aktivitas warga.

"Aku heran kok dinding bergetar saya kira apa," kata Mustawa pensiunan PNS kepada Sriwijaya Post (Tribunnews.com Network), Senin (31/3/2014).

Pendapat serupa diungkapkan Heri (50), yang juga mengaku saat itu sedang menonton televisi. Menurut Heri, biasanya gempa yang terjadi di Liwa Lampung Barat atau dari Bengkulu juga terasa di OKU.

Sementara itu, Indra Purna, Kasi Data dan Informasi BMKG Kenten Palembang, menjelaskan gempa tektonik 5,4 SR yang mengguncang sejumlah wilayah Sumsel disebabkan karena adanya pergeseran lempeng di bawah Bukit Barisan. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG Palembang.

"Jadi gempa itu ada di kedalaman 10 km di bawah Bukit Barisan atau lempengen Indo Australia. Lokasinya itu di wilayah Bukit Barisan Kabupaten OKU Selatan dan juga perbatasan Bengkulu. Terjadi tepat pukul 11.13 dan terjadi sangat singkat. Menurut warga sekitar 10 detik," ujar , ketika dihubungi.

Indra mengatakan, lempengan mengalami sedikit geseran sehingga memang ada potensi terjadinya gempa susulan. Namun secara teorinya, gempa susulan diprediksi lebih kecil dari sebelumnya. Mengenai dampak lainnya, seperti dampak ke gunung berapi, hingga saat ini masih dalam pantauan.

"Sampai saat ini apakah berdampak pada Gunung Dempo atau Gunung Seminung yang lokasinya dekat, masih dipantau terus. Intinya sampai saat ini gempa terjadi sangat singkat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com