Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengerjaan Jalur Rel Ganda Tegal-Bojonegoro Tuntas

Kompas.com - 28/03/2014, 16:11 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com – Pengerjaan proyek rel ganda jalur kereta api untuk wilayah Semarang-Bojonegoro dan Semarang-Tegal tuntas. Tahap terakhir pengerjaan rel dilakukan sepanjang 6 km di wilayah Cakrawala Semarang Barat Kota Semarang, Jumat (28/3/2014) pagi.

“Ini sambungan terakhir untuk ruas Semarang-Jakarta. Seharusnya memang ditarget Akhir tahun, tapi ini lebih cepat,” kata Ketua Satuan Kerja Kereta Daerah Operasi IV Semarang, Sutrisno di Semarang.

Perjalanan kereta seluruhnya untuk wilayah Tegal-Bojonegoro sepanjang 358 KM. Sementara itu, jalur Tegal-Jakarta sudah bisa menggunakan jalur double track. Untuk pengerjaan jalur terakhir ini, ratusan pekerja dikerahkan secara manual. Seemntara pengerjaan soal besi dan meninggikan rel menggunakan alat berat.

“Pada hari ini, yang semula tersisa 6 km, hari ini bisa disambungkan meski pekerjaan dengan pengebutan terus-menerus,” tambahnya.

Kepala DAOP IV Semarang, Wawan Ariyanto mengatakan penyambungan secara fisik memang telah selesai. Namun, peresmian secara terbuka belum dilakukan. Rencananya akan diresmikan di Stasiun Alas Tua Semarang.

“Hari ini nyambung 6 km dari Stasiun Jrakah ke Semrang Poncol. Pengerjaan bisa cepat karena di sini bukan jalur persimpangan jalan, berbeda dengan di Bojonegoro,” kata Wawan di lokasi pengerjaan.

Setelah pengerjaan selesai, diperkirakan perjalanan kereta api baik barang, kargo maupun manusia yang melewati wilayah daop IV Semarang tidak akan mengalami kendala. Kereta akan lebih cepat sampai pada tujuan.

“Untuk perjalanan kargo tidak ada pengaruh. Mungkin kalau perjalanan ekonomi dan Kereta Api jenis barang bisa ngirit 1 jam dari Tegal-Semarang,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com