Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merapi "Batuk" Lagi, Hujan Abu dan Kerikil Guyur Daerah Sekitar

Kompas.com - 27/03/2014, 15:36 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Merapi kembali "batuk", Kamis (27/3/2014) sekira pukul 13.12 Wib. Akibat embusan selama 5 menit yang disertai dengan suara gemuruh ini, beberapa wilayah di sekitar Gunung Merapi radius 7 km mengalami hujan abu.

"Ya benar, tadi sekitar pukul 13.12 Wib, Merapi mengeluarkan embusan. Untuk tingginya belum diketahui karena visualnya tertutup kabut," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Subandriyo, Kamis siang.

Subandriyo mengungkapkan, aktivitas Gunung Merapi berlangsung selama 5 menit dan disertai suara gemuruh. Embusan mengarah ke Selatan Tenggara.

"Terjadi hujan abu dan kemungkinan hujan kerikil di wilayah lereng Merapi, bagian Selatan Tenggara. Jaraknya mungkin bisa sampai sekitar 7 km," ucapnya.

Menurutnya, aktivitas Merapi seperti yang terjadi tadi siang merupakan hal yang wajar. Aktivitas tersebut sering terjadi pasca erupsi Gunung tahun 2010.

"Aktivitas keluarnya gas, ini sudah biasa terlebih pasca 2010 lalu," ucapnya.

Subadriyo menuturkan, pasca embusan aktivitas Gunung Merapi kembali normal. Tidak ada perubahan peningkatan aktivitas yang signifikan. Status Gunung Merapi, lanjutnya, tetap aktif normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com