Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di KBS, Risma "Diajak" Jalan-jalan oleh Orangutan

Kompas.com - 26/03/2014, 16:24 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya (KBS), Rabu (26/3/2014), untuk menemani sejumlah tamu peserta Seminar KBS yang ingin melihat langsung kebun binatang di tengah Kota Surabaya itu. Risma dan rombongan "disambut" Sinyo, salah satu orangutan koleksi KBS.

Sinyo menjulurkan tangannya untuk memegang tangan sejumlah tamu seperti ingin bersalaman. Orangutan yang berusia 11 tahun itu lantas menggandeng tangan Risma untuk berjalan.

"Oh kamu ngajak jalan-jalan tho," kata wali kota perempuan pertama Surabaya itu.

Aksi Sinyo sontak membuat para tamu terkagum-kagum.

"Sinyo pinter, sinyo pinter," kata sejumlah tamu.

Sayangnya, Sinyo tidak bisa menemani Risma dan para tamunya terus berjalan dengan bergandengan. Sinyo harus kembali ke kandang bersama pawangnya.

Di KBS, Risma mengitari satu per satu kandang satwa dan fasilitas KBS sambil memberikan keterangan singkat tentang KBS kepada para tamu. Tidak jarang Risma menyapa dan mengajak sejumlah satwa berkomunikasi, seperti yang dilakukannya saat melihat anak gajah bernama Gonzales, yang sedang mandi di kolam.

"Ayo Gonzales, masuk kolam, waktunya mandi," kata Risma.

Peserta dari seminar bertema "Mengembalikan Kejayaan KBS" itu berasal dari sejumlah kalangan, antara lain Kementerian Lingkungan Hidup, BKSDA, tokoh masyarakat, pemerhati, pakar satwa, dan tokoh masyarakat. Seminar diadakan untuk menggali ide pengembangan KBS untuk masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com