Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencuri Ternak Ini Cuma Bawa Kabur Kaki Sapi

Kompas.com - 26/03/2014, 12:41 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com -
Aksi komplotan pencuri di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, terbilang unik. Mereka mengincar ternak sapi milik warga. Namun, mereka hanya membawa pergi bagian kaki sapi saja. Bagian tubuuh sapi lainnya ditinggal begitu saja.

Aksi kejahatan itu menimpa Yusuf (55) seorang petani asal Dusun Plosolanang, Desa Gambyok, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri pada Selasa (25/3/2014), dinihari sekitar pukul 03.00 Wib. Saat itu, ia terbangun dari tidur. Karena curiga, dia berinisiatif mengecek ternaknya yang berada di dalam kandang di belakang rumahnya.

Dari kejauhan, dia melihat kondisi kandang gelap gulita. Setelah mengecek, dia tidak mendapati sapi betina lokal berwarna putih miliknya yang awalnya terikat di kandang. Yusuf buru-buru meminta bantuan para tetangganya.

Upaya pencarian pun dilakukan. Mereka menyisir sekeliling rumah dengan mengunakan peralatan seadanya. Pencarian juga dilakukan sampai areal persawahan yang ada dibelakang rumah.

Mereka akhirnya menemukan sapi itu sekitar 200 meter dari kandang. Namun, sapi sudah dalam keadaan mati. Yusuf juga kaget setelah melihat kedua kaki belakang sapinya sudah hilang, terpotong dari bagian paha ke bawah.

Yusuf lalu melaporkan peristiwa ini ke polisi. Kepala Sub Bagian Humas Polres Kediri Kota, Ajun Komisaris Siswandi mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap laporan warga itu.

"Kita kumpulkan keterangan saksi," kata Siswandi pada Kompas.com, Rabu (26/3/2014).

Sebelumnya, kepolisian setempat juga pernah menangani kasus tentang ternak sapi namun bukan karena pencurian. Saat itu, warga melaporkan seorang pembeli sapi yang dicurigai meracuni sapi agar dapat dibeli dengan harga murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com