Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Kendal Kekurangan 20.000 Surat Suara

Kompas.com - 25/03/2014, 15:43 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal kekurangan 20.000 lembar surat suara. Pasalnya, surat suara sebanyak itu rusak parah dan kini sudah dilaporkan dan dikembalikan ke KPU pusat.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Kabupaten Kendal Wahidin Said, Selasa (25/3/2014). Said menjelaskan, pelipatan kartu suara sudah selesai pada 18 Maret 2014 lalu.

Setelah disortir, dari 3.096.500 suara, yang rusak ada sekitar 271.000 lembar. Namun setelah dikomunikasikan dengan KPU pusat, yang perlu diganti hanya 20.000 surat suara karena tingkat kerusakannya sangat parah.

“Total jumlah surat suara yang rusak, baik surat suara DPRD Kendal, provinsi, pusat, maupun DPD, ada 20.000 surat suara. Sementara lainnya, masih bisa dipakai,” kata Said.

Menurut Said, pengganti surat suara yang rusak itu akan datang pada 26 Maret 2014. Setelah datang, secepatnya dilipat dan segera dikirim ke kecamatan-kecamatan.

“Tanggal 29 Maret 2014 nanti, pengiriman surat suara sudah akan kami lakukan. Pengiriman dilakukan di daerah yang paling jauh dulu,” jelasnya.

Said mengaku, pihaknya telah mengirim surat daftar pemilih tetap (SDPT) dan surat pemberitahuan, serta undangan pencoblosan ke desa-desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com