Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pos Polantas Dibakar, Penyidik Bingung Cari Rekaman CCTV

Kompas.com - 24/03/2014, 15:14 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com
- Pelaku pembakaran Pos Polisi Lalu Lintas (Polantas) di Jalan Mesjid Raya, dekat Pasar Terong, Makassar, belum menemui titik terang. Penyidik kebingungan mencari rekaman kamera tersembunyi (CCTV) di sekitar lokasi kejadian.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polrestabes Makassar, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M Endro yang ditemui di Pos Polantas Terong, Senin (24/3/2014) mengatakan, pihaknya mencari rekaman CCTV yang terpasang di rumah toko dekat lokasi kejadian.

Hanya saja, sampai saat ini, polisi belum menemukan rekaman untuk melihat ciri-ciri pelaku dan plat motor yang digunakannya.

"Beberapa toko sudah kita tanyai, tapi tidak ada kamera CCTV-nya. Ada beberapa juga toko dilengkapi kamera CCTV, tapi jangkauannya tidak sampai ke Pos Polantas Terong. Tapi kita masih terus melakukan pencarian untuk mengetahui ciri-ciri pelaku dan plat motor digunakannya," katanya.

Endro mengatakan, sejauh ini, penyidik telah mengintrogasi dua saksi mata, tiga saksi tambahan dari warga dan lima anggota Polantas yang bertugas di pos tersebut. Selain itu, polisi juga menyita barang bukti berupa sepasang sandal jepit milik pelaku, botol plastik merk Aqua yang merupakan wadah bensin untuk menyiram Pos Polantas Terong.

"Saya sudah introgasi saksi-saksi, namun belum ada yang mengarah pada pelaku. Saya juga sudah tanya sama anggota, katanya tidak ada permasalahan sebelumnya yang terjadi di pos ini. Jadi motif belum diketahui, termasuk isu miring pembakaran dilatarbelakangi tilang yang dilakukan Polantas," jelasnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Pos Polantas Terong, tim penyidik dari Polda Sulselbar dan penyidik Polrestabes melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Mereka mengintrogasi sejumlah pedagang kaki lima di sekitar Pasar Terong. Pos Polantas Terong juga sudah dibenahi dengan dicat seluruh dinding dan flaponnya.

Sebelumnya telah diberitakan, sebuah pos Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang terletak di Jalan Mesjid Raya, dekat Pasar Terong dibakar orang tak dikenal, Minggu (22/3/2014). Beruntung, api hanya menghanguskan kursi kayu yang berada di dalam pos tersebut.

Menurut informasi yang diperoleh, peristiwa itu terjadi dini hari tadi. Saat itu, aktivitas masyarakat di Kota Makassar sepi. Tiba-tiba, pelaku yang mengendarai motor Yamaha Mio berwarna biru, singgah di depan pos tersebut.

Saksi mata, Mustamin (45) dan Indra (30) melihat dua pria tak dikenal masuk ke pos sambil membawa bensin di botol plastik. Kedua pria itu lalu menyiram pos dengan bensin dan membakarnya.

Setelah api mulai membesar, kedua pelaku langsung kabur. Sementara itu, kedua saksi berusaha memadamkan api dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsekta Bontoala yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari Pos Polantas yang dibakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com