Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratiskan Ziarah Makam Wali, 13 Caleg Dituding Lakukan Politik Uang

Kompas.com - 24/03/2014, 13:47 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Malang Corruption Watch (MCW), Malang, Jawa Timur, menemukan 13 calon legislatif (caleg) dari berbagai partai politik melakukan politik uang karena membebaskan biaya berziarah ke makam Walisongo.

"Aksi itu cukup favorit dilakukan di Malang," kata Zein Ihya Ulumuddin, Koordinator Divisi Monitoring Korupsi Politik MCW, saat jumpa pers, di Kota Malang, Senin (24/3/2014).

Diketahui, sudah ada caleg yang memberangkatkan warga untuk berziarah ke makam Walisongo. "Ada yang masih menjanjikan. Totalnya ada 13 caleg yang melakukan modus itu," tegasnya.

Cara lainnya adalah membagi-bagikan seragam untuk jamaah tahlilan di beberapa desa atau kelurahan di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu).

"Secara keseluruhan total temuan dugaan money politics dari data MCW, sebanyak 55 temuan," ungkap Zein Ihya lagi.

Dari 55 temuan tersebut, tiga di antaranya sudah dilaporkan kepada pihak Paswas setempat. "Karena alat bukti dan saksinya sudah lengkap. Ketiga caleg yang kita laporkan itu dari Partai Golkar, PAN dan Partai Hanura," tegasnya.

Tindakan 13 caleg itu melanggar pasal 86 huruf J UU Pemilu. Dalam pasal itu tegas dilarang caleg menjanjikan dan memberikan uang atau materi lain kepada masyarakat selaku pemilih.

"Kami berharap, pihak Panwas tegas dan mengusut kasus money politics itu. Jangan membiarkan caleg melakukan money politics. Jika caleg bersikap demikian, apa jadinya jika mereka menjadi pemimpin bangsa ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com