Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Mirip Jokowi Hibur Simpatisan yang Kecewa

Kompas.com - 20/03/2014, 22:02 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


CIMAHI, KOMPAS.com - Ketidakhadiran Gubernur DKI Joko Widodo alias Jokowi berkampanye PDI-P di Kota Cimahi pada Kamis (20/3/2014) memang membuat sebagian simpatisan kecewa. Namun demikian, mereka sedikit terhibur oleh kehadiran pria yang mirip Jokowi.

Pria tersebut tiba-tiba muncul naik ke panggung sesaat setelah para petinggi PDI-P Jabar berorasi. Pria bertubuh kurus tersebut mengenakan kemeja putih dengan pita merah putih di lengan kirinya.

Sontak kehadiran pria yang dikira Jokowi itu mengundang sorak sorai simpatisan. Mereka menganggap pria itu Jokowi. "Jokowi, jokowi, jokowi," teriak simpatisan.

Kompas.com/ Rio Kuswandi Kholid Umar, pria asal Bandung yang disangka Jokowi.
Ketika diamati, ternyata pria itu bukan Jokowi yang asli. "Wah, itu mah bukan asli, itu mah Jokowi 'Kw 2'," kata salah satu simpatisan diikuti gelak tawa teman-temannya.

Pria tersebut kemudian ikut berjoget di atas panggung dengan para caleg. Belakangan diketahui pria mirip Jokowi itu bernama Kholid Umar (47), asal Jalan Sindanglaya, RT 02 RW 11, Kelurahan Pasir Impun, Kecamatan Mandalajati, Bandung. Sehari-hari, Kholid bekerja sebagai pekerja swasta.

Kholid mengaku bukan kader atau pun caleg PDI-P. Kedatangannya ke lokasi kampanye terbuka PDI-P di Cimahi hanya ikut-ikutan saja.

"Ya, tadi kan ada yang pawai pakai baju merah-merah di Jalan Tegalega, ya, saya ikut saja naik mobil dan tiba lah di sini," katanya.

Kholid mengaku naik ke panggung karena disuruh panitia. "Saya naik ke panggung karena disuruh panitia. Ya, jangan salahkan saya kalau saya ikut naik. Ini mungkin karena figur (rupa) saya yang mirip dengan Jokowi," katanya.

"Ya kan, Pak Jokowi enggak datang, ya, saya kebetulan disuruh naik oleh panitia. Ya saya senang saja, mudah-mudahan mereka terhibur. Saya naik, biar ada hiburan aja," akunya.

Simpatisan PDI-P, Arif Budiman (16) dan Gian Refli Kurniawan (15) mengaku sebelumnya mereka mengira Kholid yang naik ke panggung itu adalah Jokowi.

"Awalnya kami mengira itu Pak Jokowi sungguhan, tapi ha-ha-ha, ternyata Jokowi Kw2," kata Arif sambil tertawa terbahak-bahak.

Meski kecewa dengan tidak datangnya Jokowi, dua bocah ini menganggap kehadiran Jokowi Kw 2 sebagai sebuah hiburan.

"Itu kami anggap hiburan lah, lumayan ada hiburan yang bikin tertawa," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com