Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesama Mantan Wali Kota Siap Promosikan Jokowi

Kompas.com - 20/03/2014, 18:05 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis


PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Berbeda saat ditanya mengenai sosok Wali Kota Surabaya Risma yang menimbulkan polemik beberapa waktu lalu, mantan Wali Kota Probolinggo 2004-2014 HM Buchori menilai Capres PDIP Jokowi sebagai sosok yang menghargai kolega. Karenanya, dirinya siap membantu Jokowi meraih kursi Presiden pada Pilpres mendatang, meski dengan biaya pribadi.

Menurut Buchori, yang sibuk mengurus pabrik kayunya, PT Bromo Falcata Indonesia, Jokowi adalah orang yang mengedepankan silaturahim. Jokowi mudah bergaul, menjaga hubungan dan suka menyapa koleganya.

“Orangnya juga baik. Dia teman seperjuangan saya saat sama-sama masih menjabat Wali Kota. Ketika Jokowi Wali Kota Solo, dan saat saya menjadi Wali Kota Probolinggo. Silaturahim dengan pihak luar baik, sesama kader partai juga baik,” katanya saat dimintai tanggapan soal pencapresan Jokowi di Jl Brantas, Kamis (20/3/2014).

Tak hanya dari sisi karakter yang membuat Buchori siap memenangi Jokowi dalam bursa Pilpres. Kata dia, Jokowi adalah kader terbaik PDIP dan didukung penuh oleh Megawati selaku ketua umum partai moncong putih.

Saat di Solo, Jokowi dinilai berhasil. Ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi juga cukup berhasil meski belum genap lima tahun menjabat. Sehingga dirinya wajib berbuat untuk memenangkan Jokowi, demi kebaikan bangsa dan negara.

“Saya menjadi juru kampanye Jokowi untuk wilayah timur. Saya akan all out mengkampanyekannya, meski dengan biaya sendiri. Ke manapun saya keliling, di Kota Probolinggo, di pelosok desa, di luar kota, saya mempromosikan Jokowi. PDIP menargetkan memenangkan Pemilu dan Pilpres, para relawan Jokowi nanti akan dipanggil Ibu Mega. Saya juga relawan Jokowi,” imbuh Buchori yang tercatat sebagai Wakil Ketua DPD PDIP dan Ketua Bamusi Jatim ini.

Untuk mencapai targetnya, Buchori akan lebih dulu mempertahankan kemenangan PDIP dalam Pileg 9 April nanti di Kota Probolinggo. Pada 2009 lalu, PDIP menjuarai Pileg dan berhak menduduki sembilan kursi di DPRD Kota Probolinggo. Untuk Pileg tahun ini, Buchori menargetkan perolehan kursinya harus meningkat.

“Pokoknya harus meningkat. Mesin partai sudah dipanaskan dan bergerak. Seluruh kader partai dari tingkat ranting hingga DPC, harus fokus dan menyatukan barisan. Caranya juga harus santun dan menaati peraturan. Status Kota Probolinggo sebagai basis PDIP kita pertahankan hingga titik penghabisan,” tandas Buchori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com