Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Banjir, Risma Optimalkan Rumah Pompa

Kompas.com - 19/03/2014, 16:53 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, akan memaksimalkan fungsi puluhan rumah pompa untuk mengantisipasi banjir di Surabaya. Rumah pompa tersebut setidaknya menjadi tempat saluran air saat curah hujan di Surabaya cukup tinggi.

"Kalau dulu kan ada sawah, jadi air langsung ke sawah, kalau sekarang mana ada sawah, jadi kita maksimalkan rumah pompa," kata walikota perempuan pertama Surabaya ini, Selasa (18/3/2014) sore.

Menurutnya, rumah pompa yang ada di Surabaya di sekitar 80 titik itu sangat membantu mempercepat aliran air, sehingga mempersingkat waktu air menggenang.

"Kalau tidak ada rumah pompa, surabaya bisa banjir 2-3 hari," tambahnya.

Bahkan tidak jarang, walikota yang diusung PDI-P itu langsung turun untuk memantau jalannya rumah pompa saat hujan deras turun, selain memantau melalui saluran komunikasi radio khusus. Selain mengoptimalkan fungsi rumah pompa, Pemkot Surabaya juga terus menambah pembangunan saluran drainase atau gorong-gorong.

Sejumlah kawasan di Surabaya kerap menjadi langganan banjir, diantaranya di kawasan Sememi, Balongsari dan Karah. Selain itu, genangan dengan volume air yang cukup tinggi juga kerap ditemui di kawasan Margorejo, Hayam Wuruk, Bratang, Mayjen Sungkono, Darmo Satelit, Lontar, Simo, Medokan Ayu, Rungkut, Gunung sari, dan Jemursari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com