Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diva Rosa, Mimpi Penyanyi Panggung ke Gedung Dewan

Kompas.com - 19/03/2014, 08:56 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Siapa saja berhak untuk menjadi calon anggota legislatif, termasuk mereka yang berprofesi sebagai penyanyi panggung. Salah satunya Diva Rosa, penyanyi panggung asli dari Banyuwangi.

Demi mimpinya menuju ke gedung dewan Banyuwangi, dia memilih tetap mengunakan nama panggung Diva Rosa pada Pemilu 2014 dengan menggunakan Partai Demokrat sebagai "kendaraannya".

"Masyarakat lebih mengenal nama panggung saya ya Diva Rosa. Akhirnya saya melakukan upaya hukum agar bisa tetap menggunakan nama tersebut di kartu suara. Alhamdulillah pengadilan sudah memutuskan," kata dia kepada Kompas.com, Selasa (18/3/2014).

Saat ditanya berapa album musik daerah yang sudah dikeluarkan, Diva hanya tertawa sambil mengatakan,"Wah... banyak. Sudah lupa berapa CD (compact disc) yang sudah keluar."

Diva Rosa adalah penyanyi panggung yang mengawali kariernya sejak masih duduk di bangku SMA. Perempuan yang bernama asli Eni Puji Astutik tersebut mengaku perlu dua tahun untuk memutuskan menjadi caleg.

"Awalnya saya sering mengisi acara-acara partai, hingga kemudian Partai Demokrat melamar saya untuk menjadi salah satu calon legislatif," tuturnya.

Selama dua tahun dia berpikir sehingga mantap maju setelah meminta persetujuan suami dan keluarganya.

Diva Rosa mengaku melakukan sosialisasi lewat pengajian serta saat dia menyanyi. "Tapi sudah satu tahun ini sudah tidak lagi nyanyi dari panggung ke panggung, cukup di acara partai saja nyanyinya. Lebih konsen ke pemilihan tanggal 9 April nanti. Yang nyanyi dari panggung cukup suami saya saja," kata istri Rozi Abdillah yang juga penyanyi lokal di Banyuwangi ini.

Diva yang tinggal di Kecamatan Cluring sendiri bertarung di pemilihan dapil III dengan nomor urut 7. Perempuan kelahiran 22 Agustus 1979 ini berharap menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Salah satunya harapan saya ya agar seniman di Banyuwangi lebih diperhatikan," jelasnya.

Untuk menambah pengetahuan politik, Diva mengaku mendapatkan bekal dari Partai Demokrat. "Ada pembelajaran dasar politik," jelas perempuan lulusan SMA Negeri 2 Genteng tersebut.

Mempunyai profesi yang sama dengan Diva Rosa, DPC Partai Demokrat Banyuwangi juga mengusung Mia MS, yang sempat menjadi salah satu finalis pencarian bakat Kontes Dangdut Indonesia.

Mia menjadi caleg di Dapil IV dengan nomor urut 5. Menurut As'ad MN, Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Banyuwangi, partainya tidak asal comot menggunakan caleg artis perempuan.

"Mereka juga melewati seleksi yang ketat dan juga harus ikut pelatihan politik dasar yang diselenggarakan oleh partai," kata As'ad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com