Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Pistol, 4 Perampok SPBU Beraksi bak Film Koboi

Kompas.com - 18/03/2014, 08:56 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Aksi perampokan yang terjadi di SPBU 44.50.602 di Jalan Jambu-Ambarawa Km 4, Semarang, Senin (17/3/2014) siang, berlangsung bak film koboi.

Hal itu diungkapkan oleh para saksi, korban, dan berdasarkan bukti-bukti yang didapati saat dilakukan olah TKP oleh polisi.

Kepala Polres Semarang AKBP Augustinus Berlianto, Selasa (18/3/2014) pagi, menyatakan, saat ini proyektil peluru yang diduga dari tembakan senjata rakitan sedang diidentifikasi di Laboratorium Forensik Polda Jawa Tengah.

"Kita masih menunggu hasil dari Labfor Polda. Sampai saat ini lima saksi kami mintai keterangan. Adapun korban yang tertembak kakinya kondisi terus membaik," ungkap Augustinus.

Sementara itu, Lilis (21), salah satu operator SPBU yang juga saksi mata peristiwa itu, mengaku melihat pelaku datang dan menembakkan pistol secara membabi buta.

"Pelaku datang dari arah pintu keluar naik Yamaha Vixion dan Satria FU. Mereka langsung menembak membabi buta ke semua arah dan kaki Pak Suyanto. Dia ditembak karena mau menyelamatkan tas berisi uang dari kejaran pelaku," ujar Lilis.

Saat ditanya jenis senjata api apa yang dibawa pelaku, wartawan sempat menunjuk pistol revolver yang ada di pinggang seorang polisi. Lilis pun mengamini bahwa senjata itu mirip dengan senjata yang dibawa oleh salah satu pelaku. "Ya, mirip itu," kata Lilis.

Sementara Hendro Priyono (35), warga di sekitar lokasi, mengaku mendengar suara tembakan sebanyak empat kali. Warga berupaya menolong dengan cara melempar batu, tetapi hal itu tak banyak berarti lantaran empat pelaku itu bergerak sangat cepat.

"Mereka lari ke arah Ambarawa. Lalu warga melapor ke Polsek Jambu," jelasnya.

Keterangan para saksi sepertinya juga diperkuat oleh bukti-bukti di lapangan. Hasil olah TKP yang dipimpin oleh Kasatreskrim Polres Semarang AKP Pahala Martua Nababan ditemukan tiga proyektil yang diduga dari senjata pelaku.

Tidak hanya itu, identifikasi juga menemukan bekas tembakan di plafon SPBU dan dua bekas tembakan di bagian kiri truk boks L 9858 VC yang berisi obat-obatan pertanian, yang kebetulan tengah mengantre membeli solar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com