Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye, Caleg PKB Bantu Pemulung Pilah Sampah

Kompas.com - 17/03/2014, 19:21 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Mengisi hari kedua masa kampanye pemilihan legislatif, jajaran pengurus DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur yang sebagian besar para calon legislatif itu mendatangi para pemulung sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Kecamatan Benowo, Surabaya, Senin (17/3/2014).

Selain membantu memilah dan mengangkat karung sampah, para caleg tersebut juga sempat mengajak makan siang bersama di lokasi TPA.

"Peran para pemulung sampah ini sebenarnya besar, namun kadang kurang diperhatikan oleh pemerintah," kata Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, Thoriqul Haq.

Para pejabat dan politisi, kata Thoriq, selama ini lebih banyak berkutat di isu-isu perkotaan, tanpa memperhatikan nasib warga pinggiran kota yang secara sistem sosial masih menjadi korban. Karena itu, pihaknya sangat mendukung jika ada program Pemkot Surabaya untuk melakukan pemilahan sampah di tingkat hulu atau di kampung-kampung.

"Jadi para pekerja tidak harus berpanas-panas berbaur dengan aroma busuk di tumpukan sampah," tambahnya.

Seusai makan siang bersama, para caleg PKB Jawa Timur itu menutup kegiatan dengan melakukan sosialisasi kepada para pemulung agar tidak "golput" pada Pemilihan Legislatif, 9 April nanti.

PKB Jawa Timur menargetkan perolehan 25 kursi di DPRD Jawa Timur, DPRD kota dan kabupaten, dengan perolehan kursi per dapil dua atau tiga. Target itu dinilai sangat realistis mengingat Jatim adalah basisnya warga Nahdlatul Ulama yang sebagian besar adalah pemilih PKB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com