Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Golput, 800 Perusahaan Diminta Liburkan 24.000 Buruh

Kompas.com - 16/03/2014, 18:23 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Para pengusaha di wilayah Demak,  Jawa Tengah, diminta meliburkan karyawannya, pada saat pemilu legislatif tanggal 9 April mendatang. Hal ini guna memberikan kesempatan kepada buruh untuk menggunakan hak pilihnya.

Agus Nugroho, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Demak, Minggu (16/3/2014), mengaku telah melayangkan surat pemberitahuan kepada 800 lebih perusahaan di Demak, agar meliburkan atau memberikan waktu bagi 24.000 buruh di tempat mereka bekerja.

"Memang tidak semua perusahaan bisa meliburkan karyawannya karena harus mengejar target produksi, kami menyadari itu. Namun mereka dapat mengatur jadwal para pekerjanya. Buruh bisa berangkat bekerja setengah hari setelah melakukan pencoblosan," kata Agus.

Pesta demokrasi tanggal 9 April nanti merupakan 'gawe' besar Bangsa Indonesia untuk menentukan pemimpinan di masa depan. "Karenanya diperlukan peran aktif segenap lapisan masyarakat, termasuk kalangan pengusaha," kata Agus lagi.

Dengan memberikan izin bagi karyawannya, berarti pihak perusahaan ikut berpartisipasi menyukseskan pemilu legislatif dan mengurangi angka golput.

"Nanti kita lihat, apakah buruh yang masuk kerja sudah menggunakan hak pilihnya atau belum. Kalau ada perusahaan yang menghalang-halangi buruh menggunakan haknya maka dapat dikenai sanksi pidana," tegas Agus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com