Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayat di Dalam Drum, Diawali soal Jual Beli Mobil

Kompas.com - 16/03/2014, 15:50 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Kota Kediri, Jawa Timur, mengungkap kasus pembunuhan terhadap Eko Rovita (32), seorang janda beranak dua yang mayatnya ditemukan dalam drum bekas, Sabtu (15/3/2014).

Tersangka pelaku adalah Zainul Ibad (22), rekannya sendiri. Eko Rovita merupakan wanita asal Dusun Kapurejo, Desa Pagu, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Sementara itu, tersangka merupakan tetangga desa korban dari Desa Sumberagung, Kecamatan Pagu.

Keduanya berdomisili di Kelurahan Bandar Kidul, Kota Kediri. Pembunuhan tersebut dilakukan tersangka dengan memasukkan korbannya ke dalam drum bekas yang ditutup menggunakan adonan semen.

Posisi korban jongkok dengan tangan terikat. Di sela-sela tubuh korban dan drum disumpal pasir dan pakaian bekas. Dari hasil pemeriksaan polisi terhadap tersangka, motif pembunuhan tersebut karena kejengkelan tersangka terhadap korban. Korban meminta pertanggungjawaban tersangka sebagai penghubung jual beli sebuah mobil jenis Mercy.

Dalam jual beli itu, mobil Mercy milik korban dibeli seseorang berinisial SN yang masih keluarga tersangka. Namun, jual beli itu bermasalah sehingga korban menemui tersangka.

Pembunuhan itu dilakukan pada Rabu (12/3/2014) di rumah milik Toifur (55), ayah tersangka, yang berada di lingkungan Kelurahan Bandar Kidul, Kota Kediri. Peristiwa itu baru terungkap pada Sabtu (15/3/2014) setelah tetangga korban mencium bau busuk.

Tersangka Zainul mengaku jengkel kepada korban yang terus mempermasalahkan jual beli mobil itu. Puncaknya pada hari Rabu sekitar pukul 5 sore, saat korban mendatangi tersangka di Bandar Kidul.

"Saya bilang ke dia (korban) bahwa itu (jual beli) bukan urusan saya," kata Zainul saat ekspose kasus di Mapolres Kediri Kota, Minggu (16/3/2014).

Zainul Ibad menambahkan, korban terus mendesaknya dan terjadi cekcok mulut, hingga pemukulan oleh korban. Pemukulan itulah yang menyebabkan amarahnya memuncak sehingga dia mencekik korban hingga kehabisan napas.

Pria yang bekerja serabutan ini kemudian panik, lalu menyembunyikan mayat itu ke dalam drum. Kepala Polres Kediri Kota Ajun Komisaris Budhi Herdi Susianto mengatakan, kasusnya terus dikembangkan.

"Hingga saat ini kita sudah periksa tujuh saksi berkenaan dengan tindak pidana pembunuhan itu," kata Ajun Komisaris Besar Budhi Herdi Susianto. 

Baca juga:
Terungkap, Pembunuh yang Simpan Mayat di dalam Drum
Mayat Janda Dalam Drum Sudah Meninggal Dua Hari
Mayat Perempuan Terikat Ditemukan di Dalam Drum


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com