Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Risma, Pemimpin Harus Turun, Ikut Nyapu, Main Basket, "Chibi-chibi"

Kompas.com - 16/03/2014, 08:24 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan bahwa proses perbaikan hanya dapat dilakukan jika pemimpin tidak hanya bicara, tetapi juga ikut melakukan aksi nyata. Menurut Risma, hal itulah yang saat ini dilakukannya di Surabaya.

Risma memulai penuturannya tentang kebijakan menanam pohon di Surabaya. Demi menyukseskan kebijakan tersebut, ia mengaku pernah ikut melakukan aksi menanam pohon bersama warga sampai pukul 03.00 dini hari.

"Kalau saya lihat lingkungan kotor, saya ikut nyapu supaya yang lain ikut nyapu. Kalau bicara terus, capek. Jadi, mending langsung aksi saja. Lagian saya tidak pandai bicara," kata dia saat menjadi pembicara dalam acara IMA Youth Forum MDG's Award di Gedung Djakarta Theatre, Jakarta, Sabtu (15/3/2014).

"Jadi, jangan pernah menipu dan selalu berikanlah contoh yang baik," katanya lagi.

Menurut Risma, hal yang sama juga ia lakukan saat mengajak para pelajar Surabaya melakukan hal-hak positif, seperti menggalakkan semangat berolahraga dan membaca buku. Saat melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, Risma mengaku sering ikut bermain dengan para siswa yang kebetulan sedang bermain bola basket.

Begitu pula dengan kegiatannya mengunjungi perpustakaan-perpustakaan, yang selalu ia lakukan setiap hari. Bahkan, Risma mengaku telah mengunjungi semua perpustakaan yang ada di seluruh Surabaya. Totalnya mencapai 986 unit, baik perpustakaan umum maupun yang ada di lingkungan sekolah.

"Kalau saya diminta (pose) chibi-chibi Bu, ya saya ikutan chibi-chibi. Itu saya lakukan supaya mereka dekat dengan saya. Saya mencoba memahami mereka sesuai dengan kondisi mereka," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com