Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Penyerangan Hotel Citra Dewi, Ratusan Anggota GPK Ditahan

Kompas.com - 16/03/2014, 02:58 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com  - Ratusan anggota GPK Jawa Tengah digelandang ke Mapolres Semarang, Minggu (16/3/2014) pukul 00.30 WIB menggunakan dua buah truk dalmas Polres Temanggung, dua truk Dalmas Polres Semarang dan satu truk Kodim 0706 Temanggung.

Penangkapan terhadap terduga pelaku penyerangan Hotel Citra Dewi, Bandungan itu dikabarkan berlangsung cukup dramatis. Selain memakan waktu cukup lama, penyergapan terhadap anggota ormas PPP itu melibatkan puluhan anggota Dalmas dari tiga kesatuan, yakni Polres Semarang, Polres Temanggung dan Polda Jawa Tengah.

Hingga berita ini diturunkan, polisi masih melakukan pemilahan tersangka dan saksi di antara ratusan anggota GPK yang digelandang tersebut. Data awal menyebutkan jumlah tersangka 24 orang dan 100 orang lainnya sementara berstatus saksi.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, anggota ormas tertentu melakukan perusakan di Hotel Citra Dewi, kawasan wisata Bandungan, Kabupaten Semarang, Sabtu (15/3/2014) tengah hari. Mereka merusak kaca-kaca kamar dan jendela serta ruang resepsionis. Sedikitnya, empat kamar mengalami kerusakan cukup parah.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, puluhan orang itu datang menggunakan sepeda motor dengan atribut ormas dan parpol.

"Motornya diblayer-blayer lalu mereka memecahkan kaca kamar pakai pentungan. Ada bendera tulisannya GPK sama PPP," kata Dipo Witono, staf Hotel Citra Dewi yang berada di lokasi saat kejadian itu.

Kejadian begitu cepat, sehingga pihak keamanan hotel maupun polisi tidak sempat menghentikan aksi anarkis tersebut. Pada saat kejadian, kamar yang dirusak tersebut juga dalam kondisi kosong.

"Sedelok (sebentar) kok mas, paling 5 menit. Tapi untunge (untungnya) para tamu kebetulan sudah check out semua," kata Dipo.

Saat Kompas.com  tiba di lokasi, polisi tengah memasang garis polisi untuk keperluan olah tempat kejadian perkara
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com