Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan Jadi Saksi Deklarasi Kampanye Damai

Kompas.com - 15/03/2014, 19:05 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X menjadi saksi penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh 12 partai politik peserta Pemilihan Umum 2014.

Deklarasi yang digelar di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta ini diprakarsai Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY. Sebelum penandatangan deklarasi damai, semua partai politik peserta pemilu mengikuti acara kirab budaya yang dimulai pukul 14.00 Wib.

Kirab budaya mengambil rute dari kantor KPU DIY di Jalan Timoho, melewati Jalan Malioboro dan berakhir di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Sesampai di alun-alun utara, 12 perwakilan partai politik peserta pemilu lantas menandatangani deklarasi kampanye damai. Menjadi saksi penandatanganan adalah Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

"Ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk menuju pemilu di DIY yang damai, jujur dan sesuai peraturan yang ada," terang Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan, Sabtu (15/03/2014).

Hamdan mengungkapkan, meski penuh persaingan namun kampanye bukan sebagai wahana untuk menciptakan permusuhan melainkan untuk menuju Indonesia yang lebih baik.

Sementara itu Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan melalui ikrar deklarasi kampanye damai ini dia berharap pada masa kampanye terbuka 16 Maret sampai dengan 5 April 2014 mendatang semua partai politik peserta pemilu dapat mengedepankan perdamaian dengan menjaga kenyamanan dan saling menghormati.

"Menang kalah itu biasa, namun mari kita mengedepankan kampanye yang berbudaya. Sopan, tertib dan menjaga kenyamanan DIY sebagai kota berbudaya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com