Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Surat Suara di Malang Tercoblos dan Rusak

Kompas.com - 13/03/2014, 13:35 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Ribuan surat suara di Kabupaten Malang, Jawa Timur, ditemukan tercoblos dan rusak karena sobek. Paling tinggi kerusakan terdapat pada surat suara untuk calon DPD dan DPR RI.

"Hingga Kamis (13/3/2014), kerusakan sementara untuk surat suara di Kabupaten Malang, totalnya ada 4.937 surat suara. Sabtu (15/3/2014) besok, jumlah kerusakan suara sudah bisa diketahui seluruhnya. Karena belum selesai penyortiran dan pelipatannya di masing-masing kecamatan," kata Totok Haryono, Komisioner KPU Kabupaten Malang, Kamis (13/3/2014).

Rincian kerusakan surat suara untuk DPR RI berjumlah 1.330 surat suara, DPD ada 1.841 surat suara, DPRD Provinsi ada 931 surat suara, dan surat suara untuk caleg DPRD Kabupaten Malang ada 832 surat suara.

"Kerusakan akibat tersobek dan ada beberapa yang sudah tercoblos. Tapi lubangnya kecil. Surat suara yang sobek kemungkinan akibat saat proses pengepakan di percetakan. Kita betul-betul teliti dalam penyortiran," katanya.

Setelah diketahui total kerusakan surat suara, kata Totok, pihak KPU Kabupaten Malang akan langsung membuat laporan resmi ke KPU Provinsi Jawa Timur untuk dilanjutkan ke KPU Pusat.

"Kita akan meminta surat suara sebagai pengganti yang sudah rusak," katanya.

Sementara itu, tiap-tiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kini masih terus melakukan penyortiran surat suara. Salah satunya di PPK Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

"Di sini kerusakan sementara, untuk DPR RI ada 184 surat suara, DPD ada 130 surat suara, DPRD Provinsi ada 24 surat suara, dan DPRD Kabupaten ada 12 surat suara," kata anggota PPK, Muhamad Khomsun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com