Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Jember Amankan 35 Pemuda Korban Dugaan Penipuan Secaba

Kompas.com - 12/03/2014, 16:49 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Sebanyak 35 pemuda yang mengaku berasal dari Provinsi Lampung, diamankan ke Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0824 Jember, Jawa Timur, Rabu (12/3/2014).

Mereka diduga merupakan korban penipuan yang dijanjikan bisa masuk pendidikan di Sekolah Calon Bintara (Secaba), tanpa melalui proses perekrutan.

Peristiwa itu bermula saat Kodim 0824 Jember mendapatkan laporan dari warga tentang adanya 35 pemuda yang sudah menginap di Hotel Nusantara di Jalan Wijaya Kusuma selama kurang lebih satu bulan, tanpa ada kegiatan yang pasti.

“Kita dapatkan laporan dari pak RT di dekat hotel itu, bahwa dicurigai ada anak muda yang menginap di situ. Diduga mereka ini akan ikut pendidikan Secaba. Atas dasar itulah Kodim menindaklanjuti ke sana,” terang Komandan Kodim 0824 Jember, Letnan Kolonel Arh Wirawan Yanuartono.

Saat ini, 35 pemuda itu sedang dimintai keterangan di markas Kodim setempat. Menurutnya, saat ini pendidikan Secaba sudah berjalan. Tetapi pihaknya belum mengetahui apakah mereka memang akan mengikuti pendidikan Secaba atau apa.

"Ini kan menurut pengakuan 35 orang itu. Saya belum bisa memastikan apakah ini ada unsur penipuan atau tidak, terlalu cepat kalau kita menyimpulkan. Jadi belum ada arah ke sana (penipuan), sebab kami sekarang sedang melakukan pemeriksaan,” jelas Wirawan.

Namun berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, 35 pemuda itu datang secara bertahap ke Kabupaten Jember. Mereka sudah menginap di hotel itu satu bulan, sebagian baru dua minggu. Sehari- hari mereka hanya tinggal di kamar dan berolahraga di Alun-alun Jember. Ketika ditanya petugas hotel setempat, mereka hanya menjawab sedang ada kegiatan dari kantor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com