Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UIN Malang Demo Pakai Kostum "Tikus Tong-Tong"

Kompas.com - 12/03/2014, 12:43 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa bertopeng tikus tong-tong, yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Jawa Timur, menggelar demo di depan kantor Kejaksaan Negeri Kota Malang, Rabu (12/3/2014).

Puluhan mahasiswa tersebut demo mendesak Kejari Malang segera menetapkan mantan Rektor UIN Maliki, Imam Suprayogo menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan kampus II UIN Maliki Malang, yang ada di Kota Batu.

Beberapa mahasiswa bertopeng tikus tong-tong itu juga menggunakan topi wisuda lengkap dengan toganya. Di bagian leher mereka memasang kertas bertuliskan "Aktor Intelektual korupsi kasus pengadaan lahan kampus UIN II".

Selain itu, mahasiswa juga memakai topeng wajah dua dosen UIN yang telah ditetapkan jadi tersangka dalam kasus itu, Muslihari dan Jamalullail Yunus.

Dalam orasinya, salah satu pendemo, Kholilurrahman menegaskan, tikus-tikus tong-tong itu menuntut Kejari segera menetapkan mantan Rektor UIN, Imam Suprayogo menjadi tersangka.

"Karena dialah otak intelektualnya. Jika dia ditetapkan tersangka, mahasiswa akan gundul bareng," kata Kholilurahman.

Sementara, menurut Habli Hasan, korlap aksi tikus berbaju wisuda itu, diumpamakan sebagai aktor intelektual korupsi di UIN Maliki Malang.

"Segera tetapkan Imam Suprayogo jadi tersangka. Karena dia sebagai inisiator utama kasus itu," kata Habil.

Desakan itu berdasarkan keterangan satu tersangka Jamalullail Yunus, bahwa Imam Suprayogo, pihak utama yang bertanggung jawab.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com