Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Sebabkan Listrik Satu Desa Padam

Kompas.com - 10/03/2014, 17:50 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Angin puting beliung yang melanda wilayah Pabelan, Kabupaten Semarang, Minggu (10/3/2014) petang, merusak sedikitnya 100 rumah warga dan juga instalasi listrik di Desa Semowo, Kecamatan Pabelan, tepatnya di Dusun Mendoh Lor dan Dusun Mendoh Kidul. Akibatnya, listrik di satu desa ini padam.

"Warga sejak siang sudah menyiapkan lilin dan lampu minyak tanah. Informasinya sampai sekarang PLN belum menghidupkan listriknya. Mungkin dirasa belum aman jaringannya," ujar Kapolsek Pabelan, AKP Slamet Riyanto, ketika dihubungi, Senin (10/3/2014) siang.

Karena situasi gelap gulita tersebut, Slamet mengatakan, pihaknya akan melakukan patroli di Desa Semowo untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

Slamet juga menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, dia mengatakan, bencana yang terjadi sekitar pukul 17.00 Wib itu menyebabkan sejumlah pohon roboh dan genteng atap rumah warga berjatuhan.

"Genteng pada berserakan. Ada yang kena terasnya, ada yang dapurnya kena ranting-ranting pohon yang tumbang. Selain rumah warga, ada satu masjid juga yang mengalami kerusakan ringan," kata Slamet.

Slamet menambahkan, Senin siang, warga dibantu aparat TNI, POLRI dan Muspika setempat memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan akibat peristiwa itu. Bupati Semarang, Mundjirin, bahkan menyempatkan datang ke lokasi dan memberikan bantuan.

"Kami bersama muspika membantu warga memperbaiki genting dan kerusakan lainnya. Tadi siang Bupati juga datang dan memberikan bantuan sembako," tandas Slamet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com