Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Rawat Seribu Lebih Orang Gila yang Dibuang ke Surabaya

Kompas.com - 08/03/2014, 14:34 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau akrab disapa Risma bercerita banyaknya orang sakit jiwa yang sengaja dibuang ke Surabaya. Hal itu dikatakan Risma saat menjadi pembicara dalam acara dialog kebangsaan bertajuk "Nasionalisme: Dari Daerah Membangun Indonesia" di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Sabtu (8/3/2014).

"Banyak orang gila yang dibuang ke Surabaya. Kenapa saya tahu, karena banyak yang enggak bisa bahasa Jawa," kata Risma.

Namun, karena tidak tega mengembalikan mereka ke tempat asalnya, Risma akhirnya menginstruksikan jajarannya untuk merawat mereka di panti-panti di Surabaya. Menurutnya, sampai saat ini jumlah orang gila yang sudah dirawat mencapai seribu orang lebih.

"Biarpun gila, mereka ini kan, tetap ciptaan Tuhan. Kalau dikembalikan pasti dibuang lagi, kasihan. Maka kita rawat saja dulu. Saat ini orang gila yang dirawat mencapai 1.189 orang," ujarnya.

Setelah dirawat dan diberikan obat di panti, sebagian dari mereka ada yang menunjukkan kesembuhan. Setelah sembuh, mereka baru dikembalikan ke daerah asal atau keluarga masing-masing.

"Tahun kemarin ada 47 orang gila yang sudah sehat kami kembalikan," kata Risma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com