Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jatim: Rekonstruksi Rumah Rusak akibat Letusan Gunung Kelud Tinggal 38 Persen

Kompas.com - 07/03/2014, 06:55 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Target akhir masa rekonstruksi pasca-bencana letusan Gunung Kelud tinggal tiga hari. Gubernur Jawa Timur Soekarwo yakin, dalam tiga hari ini rekonstruksi bisa rampung karena menurut dia hanya kurang dari 38 persen rumah rusak yang belum diperbaiki.

Letusan Gunung Kelud di perbatasan Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar pada 13 Februari 2014 menyebabkan 8.615 rumah rusak. Rekonstruksi, kata Soekarwo, ditargetkan rampung Minggu (9/3/2014). Perbaikan sudah dimulai pada 24 Februari 2014.

"Untuk wilayah Blitar sudah selesai 100 persen, Kediri selesai 70 persen, dan masih progress di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang," kata Soekarwo, Kamis (6/3/2014). Untuk wilayah Kediri, ujar dia, yang sudah selesai 100 persen ada di wilayah kecamatan Plosoklaten dan Ngancar.

Adapun perbaikan yang belum rampung di wilayah Kediri, sebut Soekarwo, adalah Kecamatan Puncu dan Kepung. "(Tapi) yakin akan rampung pada Minggu, karena bahan dan tenaga sudah siap," ujar dia.

Sebanyak 8.615 rumah rusak di tiga kabupaten terdampak yakni Kediri, Blitar, dan Malang diklasifikasi menjadi tiga kategori. Rinciannya, rusak ringan sebanyak 2.227 unit, rusak sedang 2.093 unit, dan rusak berat 4.295 unit.

Dana rekonstruksi sebesar Rp 100 miliar disiapkan untuk penanganan bencana provinsi itu. Selain dibantu warga, rekonstruksi melibatkan sebanyak 6.000 personel gabungan dari Polri dan TNI. Dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, sebanyak 4.000 personel serta Polri 2.000 personel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com